loading...

Tips Sederhana Mengatasi Virus Komputer / Komputer

Banyak anti-virus yang telah dibuat untuk menangkal virus yang sering merusak software penting di komputer. Berbagai jenis antivirus tersebut diklaim memiliki proactive detection (kemampuan mendeteksi virus) bahkan mengatasi virus hingga ke akar-akarnya. Sayangnya, virus komputer saat ini yang beredar di dunia teknologi pun bertambah banyak dan semakin hebat. Baca juga : Tutorial Menggunakan Flashdisk Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Mengatasi Virus Komputer / Laptop

Beberapa cara dapat dilakukan jika komputer sudah terinfeksi virus, sementara anti-virus yang telah ter-install tidak sanggup menanganinya. Sudah barang tentu cara-cara tersebut bergantung pada tingkat kehebatan virus yang menginfeksi komputer. Nah, berikut tips yang mungkin dapat membantu mengatasi virus-virus perusak komputer.

1. Gantilah Anti-virus
Gunakan program antivirus yang terbaru, langsung scan jika sudah selesai install atau akan lebih baik jika di-update terlebih dahulu. Mungkin untuk kebanyakan anti-virus hal ini tidak berhasil, karena virus tersebut juga sudah mengantisipasi hal tersebut.

2. Scan Hardisk di Komputer lain
Jika mempunyai beberapa komputer atau ada teman yang mempunyai komputer dengan anti-virus yang selalu update, maka cobalah scan hardisk yang terinfeksi virus di komputer tersebut. Cara terbaik adalah dengan melepas hardisk dan dipasang di komputer lain, kemudian baru di scan hardisk-nya secara menyeluruh.

3. Scan di Bootable CD
Bootable CD yang dimaksud disini merupakan CD yang berisi sistem operasi (baik sederhana maupun kompleks) yang bisa dijalankan komputer tanpa memerlukan hardisk. Dengan begitu, semua program yang ada di hardisk, termasuk virus dijamin tidak bisa berjalan, tetapi bisa diakses melalui Bootable CD ini. Ada beberapa Bootable CD Gratis yang sudah disertakan antivirus dan bisa dimanfaatkan, antara lain :

Ultimatebootcd (UBCD), Bootable CD ini berbasis DOS, sehingga mungkin bagi yang belum terbiasa akan kesulitan. Selain itu Antivirus yang disertakan hanya F-Prot Antivirus for DOS ( Virus definition: 4 May 2007), McAfee Antivirus Scanner 4.40.0 (Virus definition: 3 May 2007) dan BugHunter. UBCD4Win (Ultimate Boot CD for Windows). AntiVir Rescue System, Bootable CD ini berbasis Linux. Dibanding Bootable CD sebelumnya, AntiVir Rescue System merupakan Bootable CD yang khusus menangani virus, selain itu aplikasi ini selalu update, bahkan mungkin setiap hari selalu ada tambahan virus baru, sehingga sangat bermanfaat.
Tips Sederhana Mengatasi Virus Komputer / Komputer
Tips Anti Virus (gambar : merdeka.com)
4. Hapus Virus secara Manual
Cara ini bisa dilakukan bagi yang sudah cukup familiar dengan Sistem operasi khususnya windows, berbagai teknik virus (menyebar, menginfeksi dll), berbagai informasi tentang file atau directory komputer dan lainnya. Cara ini sebaiknya dilakukan melalui Bootable CD ( bisa digunakan Bootable CD dari cara-cara di atas atau dengan Linux Live CD seperti Ubuntu, Knoppix dan lainnya.

5. Install ulang
Ini mungkin alternatif terakhir jika cara-cara diatas tidak bisa atau ingin cara cepat. Tetapi dengan selesainya install ulang tidak menjamin komputer bebas virus lagi, bisa saja virus menginfeksi program lainnya yang di-install kemudian. Selain itu jika kita sudah meng-install program komputer yang cukup banyak, maka bisa jadi install ulang memerlukan waktu cukup lama dan melelahkan.

Cara ini mungkin juga tidak bisa dilakukan jika komputer/laptop sudah di install Sistem operasi sejak kita beli (Software OEM), karena biasanya tidak disertakan CD Instalasinya. Yang jelas jika ingin menginstall ulang, pastikan CD Driver komputer/laptop sudah tersedia. Selain itu sebaiknya diketahui dulu virus apa yang menginfeksi komputer sebelum menginstall ulang.
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+