loading...

Tutorial Sederhana Tips Cara Menjaga Flashdisk Tetap Awet

Tidak ada yang abadi, inilah yang mesti kita sadari dan yakini bersama. Apapun namanya yang ada di muka bumi ini, pada saatnya akan hancur oleh bergantinya waktu. Baik itu makhluk hidup maupun benda mati, suatu ketika akan mati, rapuh, hingga hancur dan punah. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Intinya jangan galau karena itu semua sudah menjadi garis kehidupan yang mesti dijalani dengan legowo. Sebelumnya baca : Korelasi Antara Senyum dan Sedekah

TIPS AGAR FLASHDISK TETAP AWET

Demikian halnya flashdisk, tidak selamanya kita dapat menggunakannya untuk menyimpan data. Bahkan, ada yang mengatakan jika usia flashdisk adalah 100.000 kali baca / tulis atau setara 10 tahun. Tentu usia flashdisk akan lebih singkat apabila lebih sering digunakan, begitu pun sebaliknya. Nah, agar flashdisk lebih awet usianya dan juga dapat maksimal dalam menyimpan data, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan.
  • Pertama, jangan menyimpan file-file terlalu banyak ke dalam flashdisk, sehingga seolah-olah penuh bila dilihat secara kasat mata, jika memungkinkan lebih baik dizip. Karena semakin banyak menyimpan file maka proses baca / tulis flashdisk juga akan lebih banyak ketika mengidentifikasi suatu file.
  • Kedua, kurangi atau hindari mengedit file langsung dari flashdisk. Alternatifnya copy data di komputer, kemudian diedit dan setelah selesai baru kembali dicopy ke dalam Flashdisk lagi. Sekali lagi, banyak melakukan aktivitas yang langsung terkoneksi dengan flashdisk semisal mengedit file sama halnya dengan melakukan baca / tulis data yang dapat mengurangi usia flashdisk.
  • Ketiga, jika tidak dipakai / digunakan, lepaskan Flashdisk dari komputer. Hal ini yang sering terlupakan oleh banyak orang karena banyak di antara mereka yang terbiasa membiarkan flashdisk menancap di CPU / laptop meski sudah dimatikan. Padahal, proses menghidupkan komputer / laptop atau shutdown adalah proses berat yang juga membaca semua partisi termasuk falshdisk yang terkoneksi.
  • Keempat, usahakan selalu melepas flashdisk dari komputer dengan cara eject atau melalui “Safety Remove Hardware” dan hindari cara langsung melepas flashdisk ketika sedang dalam proses baca / tulis oleh komputer, hal ini dapat juga merusak flashdisk akibat arus listrik yang masih ke luar-masuk melewati koneksi USB.
  • Kelima, masing-masing flashdisk memiliki usia, kemampuan dan ketahanan yang berbeda-beda. Maka ketika membeli flashdisk, uapayakan cari kualitasnya dan jangan hanya melihat harganya. Lebih baik agak mahal tapi bagus dan berkualitas, serta memiliki jaminan garansi yang lebih lama.
Tutorial Sederhana Tips Cara Menjaga Flashdisk Tetap Awet
Tips Menjaga Flashdisk Tetap Awet
Semoga Bermanfaat!!!
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...