Kapolri : Biaya Urus STNK di Indonesia Terendah di Dunia

Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kepolisian RI. Dalam PP tersebut ada kenaikan biaya untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor. Seperti biaya pengesahan STNK, BPKB, hingga tanda nomor kendaraan bermotor.

Meski mengalami kenaikan, tarif pengesahan STNK di Indonesia ternyata paling rendah di dunia. Hal itu dikatakan Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian pada Rabu (4/1/2017) lalu mengutip temuan Badan Pemeriksa Keuangan dan Badan Anggaran DPR RI.
Baca juga : Wapres JK Sebut Presiden Jokowi yang Putuskan Kenaikan Biaya STNK, Polri dan Menkeu Hanya Mengusulkan
Menurut Tito, dari temuan BPK diketahui bahwa harga material untuk pembuatan STNK, BPKB, hingga TNKB sudah naik. Sedangkan biaya penerbitan STNK, BPKB, dan pembuatan TNKB sudah lima tahun ini tidak naik.

Ada juga temuan Badan Anggaran DPR RI yang menyebut bahwa biaya pembuatan surat-surat kendaraan bermotor tersebut saat ini termurah di dunia.

"Hasil temuan mereka (Banggar), harga itu termasuk terendah di dunia, sehingga perlu dinaikkan karena daya beli masyarakat juga meningkat," kata Tito kepada wartawan di Markas Besar Kepolisian RI, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (4/1/2017).

Sumber : https://news.detik.com/berita/3389907/kapolri-biaya-urus-stnk-di-indonesia-terendah-di-dunia
Kapolri : Biaya Urus STNK di Indonesia Terendah di Dunia
Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sebarkanlah untuk mencerdaskan umat,
SEMOGA BERMANFAAT!!!