loading...

Kemenag Gelar Lomba Karya Ilmiah

JAKARTA -- Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima. LKTI sebelumnya diselengarakan pada 2012, 2013, 2014, dan 2015. Namun, oada 2016 LKTI tidak diselenggarakan karena ada pemangkasan anggaran.

"Kami mengundang para siswa Madrasah Aliyah di seluruh Indonesia untuk ikut serta pada ajang lomba karya tulis Ilmiah," kata Direktur Pendidikan Madrasah M Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Jumat (10/2).

Menurutnya, LKTI bertujuan mengenalkan riset atau penelitian sebagai bentuk pengembangan minat bakat siswa MA, sekaligus memberi ruang bagi mereka untuk menuangkan ide dan gagasan kreatif dalam tulisan. Dari situ diharapkan akan terbangun tradisi berfikir kritis, ilmiah, dan solutif yang berujung pada lahirnya generasi produktif.

"Pendaftaran LKTI dibuka dari 1 sampai 28 Februari 2017. Siswa bisa melakukan pendaftaran dengan mengirim form biodata peserta berikut rencana penelitiannya ke email lktimadrasahnasional@gmail.com," ujarnya.

Peserta yang mendaftar selanjutnya akan diseleksi secara administratif oleh tim LKTI pada Maret 2017. Hasil seleksi administrasi ini akan diumumkan pada awal bulan April 2017. "Peserta yang lolos dalam seleksi administrasi diminta melanjutkan penelitiannya," terang M Nur Kholis yang juga Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dikatakan M Nur Kholis, ada rentang waktu kurang lebih tiga bulan bagi para peserta untuk menyempurnakan karya tulis ilmiahnya. Sebab, pengiriman naskah hasil penelitian baru dilakukan pada tanggal 3 14 Juli 2017 dalam format MS Word ke alamat email yang sama saat mendaftar.

Selain itu, hasil penelitian juga bisa dikirim via pos selambat-lambatnya 10 Juli 2017 (cap pos). Alamat pengiriman ditujukan kepada: PANITIA LKTI 2017, Subdit Kesiswaan Lantai VI Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat.

Kasubdit Kesiswan Ditpenmad Ida Nor Qosim mengatakan, bidang lomba pada LKTI Siswa Madrasah Aliyah dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: IPA, IPS, dan Ilmu Keagamaan. Untuk kategori IPA meliputi: Astronomi, Fisika, Biologi, Kimia, Teknologi, dan Matematika. Kategori IPS terdiri dari: Ekonomi, Sejarah, Budaya, Psikologi, serta Sosiologi-Antropologi. Sedangkan kategori Ilmu Keagamaan mencakup: Quran Hadits, Akidah Akhlaq, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Sumber : kemenag.go.id
Kemenag Gelar Lomba Karya Ilmiah
Ilustrasi

Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...