loading...

PENTING! Inilah 6 Kesalahan Makan Sahur Penyebab Tubuh Makin Lemas Saat Puasa Ramadan

RAMADHAN TIPS--Makan sahur merupakan sunnah yang telah diajarkan Rasulullah SAW dan didalamnya berlimpah berkah. Sahur menjadi waktu makan yang penting saat puasa Ramadan. Di waktu inilah, saatnya mempersiapkan tubuh agar tetap bisa beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Berikut ini ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat sahur seperti dikutip dari The Health Site. Baca juga : Serempak, NU dan Muhammadiyah Kompak Tetapkan Awal Ramadan, Akankah 1 Syawal juga Bersamaan?

6 Kesalahan Makan Sahur yang Buat Tubuh Makin Lemas Saat Puasa Ramadan

1. Melewatkan Makan SahurTidak makan sahur bisa berakibat tubuh lemas seharian.

2. Makan Sebanyak MungkinMakan banyak-banyak saat sahur akan menjadi beban bagi perut. Menyebabkan gangguan pencernaan, heartburn juga kembung. Makanlah secukupnya saat sahur tapi pastikan semua nutrisi terpenuhi.

3. Langsung Tidur Setelah Sahur
Hindari langsung tidur setelah sahur karena bisa memicu asam lambung balik arah ke kerongkongan sehingga menyebabkan gangguan saluran cerna. Akibatnya asam lambung naik dan bisa menimbulkan banyak komplikasi kesehatan.

4. Memperbanyak Minum Teh
Teh mengandung kafein dan bersifat diuretik, artinya meningkatkan frekuensi buang air kecil. Alhasil tubuh justru bisa mengalami dehidrasi dan rasa haus makin mendera. Jika ingin minum teh, sesaplah 1-2 cangkir saja dan hindari menambahkan gula.

5. Minum Air Bergelas-gelas SekaligusMinum banyak air sekaligus justru bisa menaikkan asam lambung dalam perut sehingga Anda akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan. Konsumsi juga makanan mengandung banyak air seperti melon, semangka, ketimun atau tomat untuk menambah asupan air di dalam tubuh ketika sahur sehingga Anda tidak harus minum bergelas-gelas air putih dalam satu waktu.

6. Makan Cokelat atau Permen
Hindari asupan karbohidrat lain dari makanan manis seperti cokelat, kue atau permen. Makanan tinggi karbohidrat sederhana dicerna dengan cepat oleh tubuh sehingga energinya juga lebih cepat dilepas dari tubuh. Akibatnya tubuh jadi makin lemas di siang hari.
Sumber : DETIK.COM
PENTING! Inilah 6 Kesalahan Makan Sahur Penyebab Tubuh Makin Lemas Saat Puasa Ramadan
Ilustrasi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+