SAHIH, Begini Doa Rasulullah SAW untuk Pemimpin yang Menyulitkan Rakyatnya

Memimpin bukanlah jabatan yang mudah lagi mengenakkan, melainkan berat dan harus menanggung pertanggung jawaban dunia akhirat. Menjadi pemimpin yang semena-mena dan haus kekuasaan akan menimbulkan kesulitan bagi kehidupan manusia di muka bumi. Wajar bila kemudian Rasulullah SAW dengan tegas memberi peringatan kepada siapa saja yang mendapat amanah menjadi pemimpin. Baca juga : Di Era Presiden Jokowi, Perppu Diobral Demi Kekuasaan Negara Mutlak

DO'A UNTUK PEMIMPIN ZALIM

Rasulullah SAW secara khusus mendoakan pemimpin yang membuat susah umat Islam. Dari Aisyah ra, beliau berkata: Rasulullah Shallalahu alihi wa sallam bersabda:
" Ya Allah, barangsiapa memiliki hak mengatur suatu urusan umatku, lalu dia memberatkan / menyusahkan mereka, maka beratkan/susahkan dia; dan barangsiapa memiliki hak mengatur suatu urusan umatku, lalu dia memperlakukan mereka dengan baik, maka perlakukanlah dia dengan baik." (HR Ahmad dan Muslim)

"Dan barangsiapa memimpin mereka dalam suatu urusan lalu menyulitkan mereka maka semoga bahlatullah atasnya. Maka para sahabat  bertanya, ya RasulAllah, apa bahlatullah itu? Beliau menjawab: La’nat Allah." (HR Abu ‘Awanah dalam shahihnya. Terdapat di Subulus Salam syarah hadits nomor 1401).

Demikian doa RASULULLAH SAW UNTUK PEMIMPIN ZALIM sebagai peringatan bagi siapa saja yang mengemban tugas di muka bumi ini. Semoga Allah menjadikan kita golongan orang yang adil jujur dan bermanfaat bagi umat manusia.... Amien ya Rabbal ‘alamiiin...
SAHIH, Begini Doa Rasulullah SAW untuk Pemimpin yang Menyulitkan Rakyatnya
ILUSTRASI
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+