loading...

Siap-siap! Kemenkominfo akan Blokir Website / Situs dari Ormas yang Dibubarkan Pemerintah

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan pihaknya akan memblokir situs ormas yang dibubarkan. Pemblokiran dilihat dari konten yang dilanggar sesuai dengan yang diatur dalam UU ITE.

"Ya namanya juga sudah bubar (ormas). Pasti diblokir. Kominfo tidak fokus pada ormas-nya, tetapi pada kontennya. Untuk berapa ormas yang melanggar (konten), saya tidak hitung datanya karena tidak fokus di situ," ujar Rudiantara di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2017).
Baca juga : Amien Rais Sebut HTI Dibubarkan Tapi PKI di Depan Mata Dibiarkan, Anda Percaya
Terkait dengan situs ormas yang diblokir, Rudiantara mengatakan pihaknya tidak bisa sewenang-wenang melakukan hal itu. Penutupan atau pemblokiran harus didasari UU ITE. Itu bertentangan dengan UU ITE apa tidak. Saya tidak akan secara pribadi memblokir itu tidak, ada acuannya, UU ITE," kata Rudiantara.

Sebelumnya, Rudiantara mengatakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas berjalan searah dengan UU ITE Pasal 28 ayat 2. Menurutnya, Perppu tersebut lebih fokus pada penindakan ormas, yaitu dibubarkan, sedangkan UU ITE fokus pada penindakan pidana.

"Sebetulnya kalau berkaitan dengan teknologi, ada kaitan langsung atau tidak langsung. Jadi pemerintah ini menangani yang, katakanlah, dunia maya atau konten negatif bisa menggunakan UU ITE yang berlaku akhir tahun 2016 kemarin, seperti SARA. UU ITE Pasal 28 ayat 2 itu juga jelas dilarang melontarkan konten yang berkaitan dengan SARA dan hukumannya jelas 6 tahun dan denda Rp 1 miliar," katanya.
Sumber : DETIK.COM
Siap-siap! Kemenkominfo akan Blokir Website / Situs dari Ormas yang Dibubarkan Pemerintah
Ilustrasi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+