Joosss! Dandim Bakal Tindak Tegas Ormas Berseragam Mirip TNI, Begini Instruksinya

BALIKPAPAN - Maraknya organisasi masyarakat (ormas) yang berseragam lengkap mirip dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menimbulkan keresahan. Hal itu merugikan TNI karena sejumlah oknum ormas tersebut memanfaatkannya untuk kepentingan tertentu. Dandim 0905/Bpn Letkol Inf Hendri Wijaya mengaku prihatin dan khawatir terhadap ormas berseragam mirip TNI.

Dia menegaskan akan menindak ormas berseragam mirip TNI yang membuat kegiatan nan meresahkan.

"Kalau ormas yang mirip itu ada. Mereka memakai seragam loreng padang pasir. Namun, ada satu dua yang memakai persis. Tetapi, karena masih satu atau dua orang jadi kami pantau saja. Kalau dia sudah cenderung meresahkan masyarakat tentu kami akan tindak lanjut," terangnya, Jumat (4/8).
Baca juga : KADISPENAD TNI Minta Biarlah Seragam itu Menjadi Ciri Khusus Pasukan TNI
Hendri menjelaskan, secara ketentuan, seragam TNI telah diatur undang-undang. Selain itu, masing-masing emblem dan corak seragam TNI memiliki arti tersendiri. "Secara ketentuan memang tidak boleh meniru atribut militer karena ada ketentuannya. Ada sendiri peraturan dalam pemakaiannya,” imbuh Hendri.

Menurut dia, seragam yang serupa dengan TNI tersebut akan menyebabkan masyarakat kebingungan.
Masyarakat akan kesulitan membedakan anggota TNI dengan ormas. "Lebih baik organisasi masyarakat agar mencari bentuk seragam lain saja yang tidak sama dengan seragam TNI," ungkapnya.

Dia menegaskan, pihaknya akan menindak tegas anggota ormas berpakaian mirip TNI yang melakukan perbuatan negatif. "Kami akan panggil bahkan sampai atributnya kami lepas, tentunya dengan cara yang baik. Jadi, atributnya tidak boleh dipakai. Terutama seragam yang bentuknya mirip dan digunakan untuk kepentingan kelompoknya dan merugikan citra TNI," tegas Hendri. (jpnn, 6/8/2017)
MANTAB JIWA! Dandim Bakal Tindak Tegas Ormas Berseragam Mirip TNI, Begini Instruksinya
ILUSTRASI
loading...
Sebarkanlah untuk mencerdaskan umat,
SEMOGA BERMANFAAT!!!