Tanggapan Kemendikbud Soal Lagu Tepuk Anak Soleh yang Dinilai Intoleran Oleh Himpaudi Banyumas

JAKARTA -- Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ella Yulaelawati, mengaku tak tahu menahu soal Tepuk Anak Shaleh yang diakhiri lirik Islam Yes, Kafir No. Di PAUD, Ella mengedepankan bahasa ibu, sehingga menurutnya tidak mungkin ada kalimat seperti itu.

"Saya tidak tahu. Semua yang kami cek di PAUD bilang tidak ada kalimat terakhir sepert itu, mungkin itu sisipan dari luar PAUD," kata Ella ketika dihubungi Republika.co.id, Selasa (1/8).
Baca juga : Inilah 13 Adab Penting Bagi Murid Saat Berhadapan dengan Guru
Dia juga mengira, banyak inisiatif dari masyarakat yang maksudnya baik tetapi cara penyampaiannya perlu diperpaiki. Menurut Ella, banyak inisiatif dari masyarakat soal hal-hal seperti itu. "Yang jelas, di PAUD banyak inisiatif masyarakat karena 196 ribu PAUD itu punya masyarakat dan yang negeri sedikit," kata dia.

Ella mengatakan, kebijakan di PAUD mengedepankan penggunaan bahasa ibu. Melihat kalimat Islam Yes, Kafir No itu, Ella merasa itu bukan produk yang berasal dari PAUD Kemendikbud.

Seperti diketahui, Lagu Anak Sholeh yang kerap dinyanyikan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Islam sambil bertepuk tangan dipersoalkan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Banyumas.

Ketua Himpaudi Khasanatul Mufidah dalam rakor pokja program pendidikan keluarga di Gedung Ki Hajar Dewantara Kompleks Dinas Pendidikan Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (28/7), meminta agar kegiatan menyanyikan lagu tersebut dihentikan, atau syairnya diubah.

Mufidah menilai, tepuk Anak Sholeh yang diakhiri 'Islam Yes, Kafir No', akan mendidik anak-anak menjadi bersikap tidak toleran. "Lagu dengan akhiran seperti itu melatih anak intoleran dan merusak kebersamaan. Dikhawatirkan nantinya berlanjut ke jenjang pendidikan berikutnya," kata dia. (republika)
Tanggapan Kemendikbud Soal Lagu Tepuk Anak Soleh yang Dinilai Intoleran Oleh Himpaudi Banyumas
Lagu Tepuk Anak Soleh 
loading...
Sebarkanlah untuk mencerdaskan umat,
SEMOGA BERMANFAAT!!!