loading...

Gagalkan Penyelundupan Senjata, Mayjen DI Pandjaitan Jadi Target Utama G30S/PKI

JAKARTA - Mayor Jenderal TNI Donald Isaac (DI) Pandjaitan merupakan salah satu target utama dalam Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/)KI). Ia masuk sebagai salah satu target untuk dibunuh karena telah berhasil membongkar rahasia pengiriman atau penyelendupan senjata dari Republik Rakyat Cina (RRC) untuk PKI.

Senjata di masukan kedalam peti-peti bahan bangunan. Rencananya senjata-senjata ini akan digunakan untuk melakukan pemberontakan.

Baca juga : Mantan Wakil Presiden Sebut PKI Tidak Bisa Direkonsiliasi
Banyak keinginan PKI yang ditentang oleh para perwira militer yang sekarang menjadi pahlawan revolusi Indonesia ini. Dan akhirnya pada tanggal 1 Oktober 1965, antek-antek PKI masuk rumah Pandjaitan secara paksa dan menembak pembantu yang berada di lantai dasar.

Mendengar suara tembakan, Pandjaitan turun kebawah dari lantai dua rumahnya dan mencoba melarikan diri. Namun usahanya gagal, Ia di tembak mati dan mayatnya di masukan kedalam truk untuk di bawa ke Lubang Buaya.

Dikutip dari berbagai sumber, Catherine Pandjaitan yang merupakan putri dari DI Pandjaitan menjadi saksi mata peristiwa dramatis yang menakutkan tersebut. (oke, 29/9)
Gagalkan Penyelundupan Senjata, Mayjen DI Pandjaitan Jadi Target Utama G30S/PKI
Mayjen DI Pandjaitan
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...