Panglima TNI Ditolak Masuk Amerika Serikat, Begini Alasannya Menurut Dubes AS

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dikabarkan ditolak masuk ke Amerika Serikat oleh Pemerintah AS. Kabar itu diterima Jenderal Gatot Nurmantyo melalui pemberitahuan penolakan yang disampaikan pihak maskapai Emirates.

Maskapai ini sedianya akan membawa Gatot dan istri ke Amerika Serikat menghadiri sebuah acara konferensi  memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford, Jr. di Kota Washington, atas permintaan otoritas keamanan dalam negeri Amerika Serika.
Baca juga : Video Heboh! Anggota TNI Kejar Sopir Mobil Pelaku Tabrak Lari
Menlu Retno Marsudi sudah berbicara dengan Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan mengenai penolakan AS terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Pihak AS menyebut ada persoalan internal. "Katanya ada persoalan internal ya. Ada persoalan internal di mereka," kata Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) Kemlu Mohammad Anshor ketika dikofirmasi detikcom, Minggu (22/10/2017).

Sayangnya apa yang dimaksud persoanal internal ini tidak dijelaskan lebih rinci oleh Kedubes AS. Berdasarkan informasi yang didapatkan Anshor, pada Sabtu (21/10) pagi, Kedubes AS telah memberitahukan mengenai adanya persoalan internal tersebut. "Pesawat Pak Panglima ini Sabtu jam 13, sampai siang persoalan ini selesai. Hingga akhirnya disampaikan ke beliau," kata Anshor.

Gatot mendapatkan informasi penolakan masuk AS itu saat sudah berada di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Pemberitahuan disampaikan maskapai saat Gatot hendak check in.

Pada Senin besok Kemlu akan memanggil Kedubes AS untuk dimintai klarifikasi. KBRI Washington juga mengirimkan surat diplomatik untuk mendapatkan klarifikasi AS mengenai penolakan terhadap Gatot tersebut. (dtk, 20/10)
Panglima TNI Ditolak Masuk Amerika Serikat, Begini Alasannya Menurut Dubes AS
Pemeriksaan bandara
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+