Syarat Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Menurut PP 49 Tahun 2018

loading...
JAKARTA--Pemerintah memberi peluang bagi tenaga honorer yang terkendala menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS, untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini diperkuat dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Dalam aturan itu dijelaskan, setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PPPK untuk Jabatan Fungsional (JF) dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
Baca juga : Presiden Minta Regulasi Ijin Tenaga Kerja Asing Masuk Indonesia Dipermudah
  1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar, dan
  8. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).
Source : detik.com
Syarat Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
ILUSTRASI
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+