loading...

Geram!!! Neraca Dagang Masih Tekor, Jokowi: Bodoh Banget Kita

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram lantaran Indonesia dalam kurun waktu yang lama selalu dihadapkan dengan persoalan defisit transaksi berjalan dan juga defisit neraca perdagangan. Menurut Jokowi, kunci untuk membenahi masalah defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan adalah investasi dan ekspor.

"Defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan membebani kita berpuluh-puluh tahun tapi tidak diselesaikan, padahal kuncinya kita tahu investasi dan ekspor, kuncinya di situ," kata Jokowi saat meresmikan Rakornas Investasi di ICE BSD, Banten, Selasa (12/3/2019).
Baca juga: PDIP Sebut Jokowi Kalau Berpikir Keras Sering Pegang Hidung atau Kuping
Guna terlepas dari masalah transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan. Mantan Wali Kota Solo ini pun meminta kepada pemerintah pusat dan daerah bisa memberikan kemudahan proses berusaha. "Tahu kesalahan kita, tahu kekurangan kita, rupiahnya berapa defisit kita tahu, kok nggak kita selesaikan, bodoh banget kita kalau seperti itu," tegas Jokowi.

Menurut Jokowi, kemudahan berusaha di Indonesia harus terus digencarkan. Jangan sampai Indonesia tersalip oleh Kamboja dan Laos dalam hal investasi dan ekspor. "Kalau kita lihat peringkat investasi kita sejak 2017 kemarin sudah masuk dalam negara yang layak investasi atau investment grade. Ini sebuah poin penting, harus dimanfaatkan," kata Jokowi.

"Dan dari tiga lembaga pemeringkat internasional, standard & poors (S&P), moodys, dan fitch ratings. Ini modal untuk kita," tambah dia. (dtk, 12/3)
Neraca Dagang Tekor, Jokowi: Bodoh Banget Kita
Ilustrasi Marah
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+