loading...

MER-C : Pemilu 2019 Terburuk Dalam Sejarah Bahkan Level Internasional

JAKARTA--Lembaga sosial kebencanaan dan kegawatdaruratan medis atau Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) menganggap Pemilu 2019 menjadi yang terburuk dalam sejarah Indonesia bahkan di Internasional.

Hal tersebut diungkapkan lantaran banyaknya korban yang berjatuhan saat menjadi petugas pemilu 2019. "Dari sisi jumlah korban, kami katakan ini adalah bencana Pemilu. Karena ini adalah mungkin yang terburuk dalam sejarah penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, mungkin juga di level internasional karena menimbulkan korban (meninggal) ratusan dan ribuan orang dirawat," ucap Anggota Presidium MER-C, Yogi Prabowo di Sekretariat MER-C, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Penyebab ratusan jiwa yang melayang dituding karena kelelahan. Padahal kata Yogi, kelelahan bukanlah menjadi faktor seseorang meninggal dunia. "Kami sudah mempelajari korban-korban tersebut, kebanyakan adalah menurut informasi akibat kelelahan, ini kelelehan yang bukan kelelehan biasa. Ada faktor lain yang menyebabkan terjadi penyakit-penyakit yang diderita para korban sebelumnya atau faktor lainnya. Kita perlu penyelidikan dan investigasi faktor-faktor itu," tegasnya.

Sehingga, ia berharap peristiwa ini harus menjadi suatu perhatian yang serius bagi pemerintah maupun penyelenggara Pemilu supaya tidak terjadi korban yang berjatuhan. "Kami lihat dari jumlah korban yang jatuh, sudah menjadi harusnya suatu perhatian yang serius untuk segera ambil langkah-langkah upaya mitigasi bahwa jumlah korban yang sebanyak ini kami bisa katakan sebagai bencana yang menimbulkan korban yang terus-menerus," jelasnya.

Ia pun menduga hingga 22 Mei 2019 nanti akan terus bertambah jumlah korban yang berjatuhan. Sehingga ia berharap pemerintah segera melakukan tindakan untuk mencegahnya. "Selama sisa kurang lebih dari dua minggu terakhir ini mudah-mudahan korban tidak bertambah dan yang sakit tidak lebih buruk dan mengalami kematian sehingga menambah jumlah kematian yang terjadi," harapnya. (rmol, 3/5)
MER-C : Pemilu 2019 Terburuk Dalam Sejarah Bahkan Level Internasional
Konfresni Pers
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+