loading...

Ditemui Sejumlah Artis, Jokowi Janjikan Dana Abadi Kebudayaan, Farhan : Dananya Lumayan Besar

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemui sejumlah artis di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pertemuan itu, Jokowi berjanji segera mengalokasikan dana abadi kebudayaan. "Jadi kalau itu (dana abadi kebudayaan) kan baru akan dimulai tahun depan, bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh bapak Presiden disisihkan," ujar musisi Yovie Widiyanto setelah bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Ada sekitar 100 artis yang bertemu dengan Jokowi di Istana Bogor. Meski sudah dijanjikan Jokowi, Yovie mengatakan mekanisme pengelolaan dana abadi kebudayaan tersebut belum dibahas secara detail dalam pertemuan tersebut. "Memang belum terlalu detail sih sebenarnya umum. Sangat umum, jadi bahwa mekanismenya lewat apa dengan cara seperti apa," katanya.
Baca juga : Menteri Keuangan Siapkan Rp 10 Triliun untuk Program Kartu Pra Kerja Jokowi
Yovie mengatakan dia dan sejumlah artis menyambut baik dana pendidikan dan kebudayaan yang akan dialokasikan tersebut. Menurutnya, tersedianya dana abadi ini akan mendukung kreativitas para pekerja seni serta perkembangan industri kreatif. "Itu bisa membuat bertambah power untuk Indonesia kreatif tentu itu harus disambut baik oleh kita," katanya.

Senada dengan Yovie, artis yang juga anggota DPR RI terpilih dari Partai NadDem, Farhan, mengatakan dana abadi kebudayaan yang akan dialokasikan tersebut cukup besar. Meski tak menyebut angka pastinya, Farhan mengatakan tujuannya memang untuk kepentingan pendidikan dan kebudayaan.

"Dana abadi ini kan dananya lumayan besar, tujuannya untuk lembaga pendidikan... itu pesan Pak Presiden. Tapi memang mekanismenya belum jelas," ujarnya.

Farhan berharap pengelolaan dana abadi kebudayaan dapat dilakukan dengan baik dan transparan. "Untuk itu, ya, harus kerja sama semua mulai dari pengelolaan awal apakah akan dibentuk badan baru, mungkin," katanya. (dtk, 17/7)
Ditemui Sejumlah Artis, Jokowi Janjikan Dana Abadi Kebudayaan, Farhan : Dananya Lumayan Besar
Para Artis Usai Bertemu Jokowi (net)
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+