loading...

Menkopolhukam Tegaskan RI Tidak Mau Perang Melawan Tiongkok

JAKARTA--Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan patroli pengamanan Laut Natuna, Kepulauan Riau, sudah ditambah. Namun tujuannya bukan untuk perang melawan Tiongkok.

Hal itu menurutnya dilakukan agar aktivitas pengamanan di perairan yang dimasuki kapal-kapal nelayan dan coast guard Tiongkok, berjalan normal. "Kita sekali lagi enggak mau perang karena tidak ada konflik di situ. Jadi untuk apa perang? Kita meningkatkan proporsionalitas patroli saja," kata Mahfud di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/1).
Baca juga : Menhan Prabowo Putuskan Jalan Damai Hadapi Cina yang Langgar Kedaulatn RI di Laut Natuna
Mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu menyatakan bahwa urusan diplomasi dengan Tiongkok tetap berjalan. Namun tidak untuk perairan Natuna yang diklaim Negeri Tirai Bambu masuk kedaulatan mereka.

"Diplomasi lain jalan, tetapi diplomasi tidak untuk Natuna. Itu sudah selesai. Prinsipnya kita jaga kedaulatan. Soal taktis itu biar dikerjain oleh lapangan, seperti panglima, angkatan laut, Bakamla," jelas Mahfud.

Menteri asal Madura ini menambahkan bahwa pemerintah tidak pernah bernegosiasi soal Natuna dengan Tiongkok dan kedaulatan tersebut akan tetap dipertahankan. "Itu sudah hak sah kita, tidak ada negosisasi. Yang lain jalan terus. Kan hubungan kita dengan China (Tiongkok) baik," tandasnya. Sumber : https://www.jpnn.com/news/mahfud-md-tegaskan-ri-tidak-mau-perang-melawan-tiongkok
Menkopolhukam Tegaskan RI Tidak Mau Perang Melawan Tiongkok
Mahfud MD
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...