loading...

Ini Alasan TNI AD Bakal Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI, Masyarakat Diminta Hadiri NOBAR

Jakarta - TNI AD bakal menggelar acara nonton bareng film 'G 30 S' untuk memperingati kejadian pemberontakan G30S/PKI. Fraksi PKS memandang hal ini wajar. Anggota Komisi I F-PKS Hidayat Nur Wahid menyebut film ini merupakan realitas sejarah bangsa Indonesia. Pemutaran film ini, kata Hidayat, digelar untuk mengingatkan masyarakat akan sejarah kelam di masa pemberontakan itu.
Baca juga: MANTAB! Dandim Bakal Tindak Tegas Ormas Berseragam Mirip TNI
"Menurut saya, belakangan ini rakyat dibuat lupa ya terhadap sejarah-sejarah yang kemudian membuat tragedi yang tidak boleh terulang lagi di Indonesia. Kalau dengan film itu kemudian mengingatkan rakyat kembali tentang tragedi kemanusiaan ini, ya itu satu hal yang wajar saja publik diberi informasi yang sebenarnya terjadi," kata Hidayat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Menurut Hidayat, masyarakat perlu dibentangi pemahaman antikomunis agar sejarah gelap bangsa tak terulang. Bahaya PKI, kata Hidayat, perlu diantisipasi. "Itu bisa dilakukan melalui film. Saya kira wajar saja dan penting untuk tidak mengulangi tragedi pemberontakan PKI tahun '65 atau pembunuhan para jenderal yang dilakukan oleh mereka (PKI)," sebut Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini.

Ajakan TNI AD untuk menonton film 'G 30 S' sebelumnya beredar lewat WhasApp Group. Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigadir Jenderal Alfret Denny Tuejeh membenarkan isi pesan berantai tersebut memang dari instansinya. "Iya betul," kata dia, Jumat (15/9).

Menurut Alfret, setiap prajurit TNI harus memiliki kepekaan terkait kemungkinan bangkitnya paham komunis gaya baru. Dalam pesan berantai tersebut, personel Angkatan Darat diminta menyosialisasi rencana pemutaran film 'G 30 S' agar jumlah penonton bisa maksimal. Mereka juga diminta mengajak masyarakat sekitar menonton film tersebut.
(detik, 15/9)
Ini Alasan TNI AD Bakal Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI, Masyarakat Diminta Hadiri NOBAR
Foto Grup Medsos
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...